Minggu, 26 Januari 2014

Tips

Kita semua setuju bahwa manusia adalah makhluk yang tidak sempurna. Ketidaksempurnaan tersebut terlihat dari beberapa kelemahan/ kekurangan yang dimiliki setiap manusia. Oleh karena itu, secara alami manusia membentuk hubungan dan saling membutuhkan dengan manusia lain dalam menjalani kehidupan  untuk saling mengisi kelemahan yang dimilikinya.
Akan tetapi, apakah setiap manusia bisa menyadari / mengetahui apa saja kekurangan yang ada dalam dirinya? Tidak! Memang ada sebagian yang menyadari hal tersebut, tetapi sebagian besar lainnya tidak pernah tahu apa sebenarnyayang  menjadi titik lemah dalam diri mereka. Padahal,  mengetahui kekurangan dalam diri manusia ini sangat penting bahkan merupakan suatu keharusan  agar kita tidak terjebak dan terjerumus dalam menilai kemampuan diri sehingga dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
Sebagai contoh, kita tidak sadar jika selama ini memiliki kekurangan dalam hal berkomunikasi kepada banyak orang (public speaking). Suatu saat, kita diminta menjadi pembawa acara dan menyanggupinya.  Apa yang terjadi? Jelas, acara yang dibawakan akan berantakan. Hal ini terjadi karena kita tidak mawas diri, terlalu sombong, tidak pernah mau belajar, sehingga salah dalam mengambil keputusan dan membuat semua hal tidak berjalan sesuai rencana. Bukan hanya nama kita yang tercoreng, tetapi juga nama orang yang menggunakan jasa kita. Jika saja kita tahu kekurangan kita di bidang  itu , tentu  tawaran  tersebut akan kita tolak sehingga kesalahan fatal seperti di atas tidak terjadi.
Pemahaman terhadap kekurangan diri yang ditindaklanjuti dengan sikap yang baik ternyata mampu mengantarkan kita pada gerbang kesuksesan dan menghindarkan dari jurang kegagalan.
Kita harus selalu paham dengan karakteristik diri sendiri. Pahami apa kelebihan dan kekurangannya. Jika Anda berhasil melakukannya, setidaknya akan ada 5 manfaat dari mengenali kekurangan dalam diri sendiri.
 
Santun
Orang yang tahu jika dirinya mempunyai kelemahan tidak akan pernah sombong membanggakan kelemahannya tersebut. Mereka akan senantiasa bersikap rendah hati dan tidak berlebihan dalam bersikap.
 
Mawas  Diri
Orang yang paham dengan kelemahan dirinya akan  selalu mawas diri untuk menganalisa kekurangan apa saja yang harus segera diperbaiki. Dengan  mawas diri, kita akan mampu mengontrol keinginan untuk berbuat hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.
 
Minat untukTerus  Belajar
Ketika merasa memiliki kekurangan, kita pasti akan termotivasi untuk terus  belajar. Proses belajar yang baik dapat digunakan untuk mengurangi bahkan menghilangkan kelemahan yang ada pada diri kita selama ini.Dengan demikian, kita akan menjadi pribadi yang  semakin berkembang.
 
Tepat Mengambil Keputusan
Seseorang cenderung menghindari melakukan sebuah hal ketika merasa tidak yakin dapat melaksanakannya dengan baik. Mereka tidak ingin ketidaktahuan yang ada justru menggiringnya kepada jurang kehancuran. Jika dipikir dengan jernih, hal  tersebut sangat logis karena tanpa keyakinan dan keterampilan untuk berhasil akan sangat bodoh jika seseorang masih nekat melakukannya. Dengan demikian, sikap memahami kekurangan diri sendiri ternyata mampu menghindarkan kita dari kesalahan dalam pengambilan sebuah keputusan.
 
Tetap Berusaha untuk Maju
Semakin paham dengan kekurangan yang ada,  akan membuat kita semakin termotivasi untuk belajar demi menghapus kekurangan tersebut. Semakin banyak proses belajar yang dilakukan akan semakin membuat diri kita berkembang lebih pesat. Semakin pesat perkembangan positif yang dihasilkan akan membuat kita semakin mudah untuk bergerak maju menuju tujuan yang selamaini dicita-citakan.

Kekurangan tidak selalu membawa dampak negatif jika kita bisa menyiasatinya dengan baik. Bahkan, kekurangan justru bisa menjadi titik awal  kebangkitan kita dalam meraih kesuksesan.
Bagaimana dengan kekurangan dalam diri kita selama ini? Sudahkan kita mengidentifikasi dan memperbaikinya dengan benar?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar